Multitasking ala Mahasiswa Baru

Bismillahirrahmanirrahim

Disadari atau tidak, kemunculan gadget semakin berkembang dari waktu ke waktu. Misalnya, penggunaan ponsel cerdas Blackberry. Dahulu, penggunanya terbatas pada kalangan kelas atas dan pebisnis. Kini, bahkan anak sekolah dasar pun sudah menggunakannya. Produk gadget pun tidak terbatas pada ponsel semata, tetapi sudah berwujud tablet, phablet (phone-tablet), hingga ultrabook.

Salah satu fitur yang ditawarkan beragam produsen gadget tersebut untuk menarik minat konsumen adalah kemampuan produk untuk melakukan multitasking dengan lancar. Mulititasking, ringkasnya adalah menjalankan beragam aplikasi sekaligus secara bersamaan. Sehingga, dalam waktu bersamaan, pengguna gadget dapat membuka dokumen, memutar audio, hingga mengunduh aplikasi. Kemampuan multitasking ini biasanya berbanding lurus dengan kekuatan prosesor dan memori RAM yang disematkan pada gadget tersebut. Semakin besar kedua komponen tersebut, maka semakin lancar pula multitasking dilakukan.

Multitasking, Ospek, dan Mahasiswa Baru

Ada baiknya menyinggung kemampuan multitasking ini tidak hanya dalam dunia gadget, tetapi juga dalam dunia pendidikan. Terdapat sebagian institut pendidikan yang baru mengadakan kegiatan orientasi pengenalan kampus, atau seringkali disebut Ospek, pada minggu-minggu ini. Kegiatan orientasi ini dilaksanakan dalam waktu beragam, ada yang hanya tiga hari, satu minggu, sampai satu tahun secara berkesinambungan.

Sesuai dengan namanya, inti dari kegiatan ini tentu berpusat pada pengenalan lingkungan kampus. Dari mulai pengenalan tempat pendidikan, fasilitas-fasilitas, hingga simulasi kegiatan belajar. Hanya saja, yang perlu sedikit dicermati adalah kegiatan orientasi yang agak melenceng cukup jauh dari tujuan awalnya. Maaf bila disebutkan sebagian contohnya di sini. Misalnya, mahasiswa diberikan tugas untuk mencari dan membawa suatu barang. Naasnya, barang tersebut diberitahu tidak secara eksplisit, tetapi secara teka-teki. Tak jarang siswa merasa kebingungan dan pusing dalam mencari barang yang dicari. Belum lagi ternyata ‘jawaban’ mahasiswa tersebut terhadap teka-teki barang rahasisa tersebut ternyata dianggap keliru oleh panitia orientasi. Yah, yang namanya teka-teki, jawabannya tidak ada yang absolut kan.

Contoh lainnya adalah kegiatan ‘bentak membentak’ saat orientasi, meski sejak beberapa tahun lalu kegiatan ini sudah diharapkan tidak terjadi lagi. Tak jarang sesedikit apa pun kesalahan yang dilakukan mahasiswa, muncul bentakan dari sang senior. Padahal kegiatan ini dikhawatirkan dapat menimbulkan efek negatif bagi fisik dan psikis mahasiswa baru.

Pada akhirnya, yang paling merasakan dampak dari beragam kegiatan yang tidak berhubungan langsung dengan kegiatan orientasi tersebut adalah mahasiswa baru tersebut. Mereka mendapatkan beragam tugas dan aktivitas dalam orientasi. Singkatnya, mereka dituntut untuk dapat melakukan multitasking.

Pertanyaannya adalah seberapa besar kemampuan mahasiswa tersebut dalam melakukan multitasking? Seberapa besar kemampuan prosesor dan memori mahasiswa tersebut untuk menjalankan segala aktivitas orientasi dengan baik, baik yang sesuai dengan inti kegiatan maupun tidak? Jangan sampai karena begitu banyaknya aktivitas yang dilakukan, prosesor dan memori tidak mampu menjalankan tugas inti, yakni mengenali tempat pendidikan. Ibarat sebuah ponsel yang dibuat dengan tujuan utama untuk kegiatan perdokumenan. Penggunanya memakai ponsel tersebut untuk beragam aplikasi lainnya. Sayangnya, karena terbatasnya prosesor dan memori, kegiatan perdokumenan ponsel tersebut justru terhambat.

Oleh karena itu, ada baiknya pihak penyelerannga orientasi melakukan tinjauan terlebih dahulu terhadap beragam kegiatan dan aktivitas yang hendak dilakukan. Apakah beragam kegiatan tersebut tidak melenceng dari tujuan awal orientasi, dan apakah kegiatan tersebut tidak memberatkan mahasiswa baru selaku pelaku aktivitas tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: