Meningkatkan Kualitas Kampus melalui PHBS

Bismillahirrahmanirrahim

Informasi: Tulisan ini dimuat di rubrik Mimbar Akademik, KampusHarian Umum Pikiran Rakyat, edisi Kamis, 9 Agustus 2012 (20 Ramadan 1433 H).

Dalam rilis yang dikeluarkan oleh Webometrics mengenai daftar perguruan tinggi terbaik untuk bulan Juli 2012, Universitas Gadjah Mada menjadi satu-satunya perguruan tinggi asal Indonesia yang menempati posisi sepuluh besar se-Asean. Universitas ini berhasil menempati peringkat ke-9. Dalam skala nasional, perguruan tinggi asal Jawa Barat yang berhasil menempati posisi sepuluh besar adalah ITB & UPI, masing-masing pada peringkat ke-3 & ke-5.

Data di atas mungkin masih dapat diperdebatkan, baik dari segi metode penelitian, pengambilan data, maupun analisis. Terlepas dari itu, bila membicarakan kualitas suatu perguruan tinggi, tentu tidak dapat lepas dari apa yang disebut dengan tridarma perguruan tinggi. Tridarma secara harfiah bermakna tiga kewajiban. Tridarma dalam perguruan tinggi mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Pelaksanaan tridarma perguruan tinggi sangat dipengaruhi oleh bermacam faktor. Contohnya adalah sikap dan perilaku civitas kampus, sistem pendidikan, dan pendanaan. Pada tulisan ini, penulis ingin mengangkat PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) sebagai salah satu faktor penting yang dapat menunjang pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

Mengenal Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan salah satu program Kementerian Kesehatan RI, dalam hal ini melalui Pusat Promosi Kesehatan (Puspromkes). Badan tersebut menjelaskan beragam aspek PHBS secara rinci dalam situs resminyahttp://www.promkes.depkes.go.id.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat didefinisikan sebagai “sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri (mandiri) di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.”(Pedoman Pembinaan PHBS, Kemenkes RI, 2011). Tujuan pelaksanaan PHBS adalah mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Pada praktiknya, PHBS meliputi berbagai indikator aktivitas yang terdapat dalam lima tatanan; rumah tangga, tempat umum, tempat kerja, institusi pendidikan, dan institusi kesehatan.

Beberapa indikator PHBS di tatanan institusi pendidikan, termasuk kampus, adalah: mencuci tangan menggunakan sabun, mengonsumsi makanan dan minuman sehat, menggunakan jamban sehat, membuang sampah di tempat sampah, tidak merokok, tidak menggunakan NAPZA, dan memberantas jentik nyamuk. Sayangnya, bila diperhatikan, implementasi PHBS di tatanan kampus tersebut masih belum optimal. Padahal, PHBS memiliki pengaruh yang besar dalam menaikkan kualitas kampus.

Implikasi PHBS bagi peningkatan kualitas kampus

Secara logika, pendidikan di lingkungan kampus tentu dapat berjalan baik bila didukung oleh siswa, pendidik, dan lingkungan yang melaksanakan PHBS. Siswa dan dosen yang sehat akan mampu menerima & memberi pelajaran dengan baik. Lingkungan pendidikan yang bersih akan berdampak pada kenyamanan proses belajar mengajar.

Terkait dengan penelitian, siswa dan dosen yang memiliki kesehatan optimal akan memiliki kemampuan lebih baik untuk melaksanakan aktivitas penelitian. Pun dalam mennghasilkan karya ilmiah, yang sangat memerlukan daya pikir mumpuni. Ditambah dengan lingkungan pendidikan yang bersih, akan membuat mahasiswa semakin nyaman berada di lab untuk melakukan penelitian.

Dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat, peranan PHBS juga tidak kalah penting. Misalnya dalam memberikan penyuluhan. Tentu sangat tidak mungkin bila seorang mahasiswa memberikan penyuluhan untuk berhenti merokok, sedangkan ia sendiri masih menghisap rokok.

Perlu digalakkan semua elemen

Mengingat pentingnya implementasi PHBS dalam peningkatan kualitas kampus, partisipasi aktif dari semua elemen kampus sangat diperlukan. Setiap elemen memiliki tugas sesuai dengan posisinya untuk menggalakkan PHBS, baik bagi dirinya maupun orang lain. Diperlukan pula komitmen perguruan tinggi untuk menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung terwujudnya PHBS di tatanan kampus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: