Belajar Mengetik Cepat dengan Klavaro

Mengetik di atas papan ketik (keyboard) telah menjadi rutinitas sehari-hari bagi sebagian dari kita. Entah itu untuk mengerjakan tugas, menyusun karya tulis, blog, dan lain sebagainya. Mungkin karena memang telah kegiatan harian itulah, sebagian orang tidak terlalu mempermasalahkan bagaimana prosedur dan tata cara mengetik yang baik dan benar.

Padahal, bila prosedur mengetik dilakukan sesuai kaidah yang tepat, maka akan didapatkan hasil kerja yang jauh lebih efisien dan efektif. Jumlah kata yang dihasilkan per menit akan meningkat. Beragam kesalahan ketik pun bisa diminimalisasi. Selain itu, jari-jari tangan tidak akan cepat lelah atau kesemutan.

Sampai saat ini, prosedur mengetik yang diyakini paling efektif adalah dengan menggunakan sepuluh jari. Bagi yang tidak terbiasa, mengetik dengan menggunakan sepuluh jari memang akan terasa sulit dan kaku. Kendati demikian, dengan ketekunan dan kesabaran belajar, insyaAllah lama kelamaan kita akan merasa nyaman dengan prosedur tersebut.

Bagi pembaca yang tertarik untuk bisa mengetik dengan sepuluh jari, saat ini banyak sarana yang telah tersedia. Bisa dengan mengikuti pelatihan langsung, melalui buku-buku, atau situs internet. Terakhir, bisa juga melalui software atau program komputer yang dapat diunduh melalui internet. Salah satu program yang dapat pembaca coba pertimbangkan adalah Klavaro.

Klavaro merupakan program pelatihan mengetik cepat yang berbasiskan open source dan dilisensikan di bawah GNU GPL 3. Karena bersifat open source, Klavaro dapat diunduh dengan bebas dan gratis tanpa biaya sedikit pun. Pembaca dapat mengunduhnya melalui alamat situs http://klavaro.sourceforge.net/en. Klavaro dapat digunakan pada sistem operasi Linux, Windows, dan Mac OS.

Program ini dapat digunakan untuk hampir semua jenis keyboard, dari mulai QWERTY, DVOBRAK, colemak, dan sebagainya. Beberapa kelebihan lain program ini adalah tampilannya yang sederhana, cara pengoperasian yang mudah, dan ukurannya yang minimalis. Sayangnya, antarmukanya belum mendukung bahasa Indonesia. Namun, bagi pembaca yang telah terbiasa dengan bahasa Inggris sederhana, tidak akan merasa kesulitan dengan hal tersebut.

antarmuka_klavaro

Tampilan antarmuka program Klavaro

Menyediakan lima jenis latihan

Saat program mulai dijalankan, akan muncul tampilan utama berupa lima jenis latihan yang disediakan dan beberapa opsi pengaturan, seperti pilihan bahasa dan jenis keyboard. Pada kebanyakan kasus, opsi tersebut tidak perlu diubah. Setiap kali kita selesai mengikuti satu latihan, akan ditampilkan beberapa data statistik, seperti tingkat kesalahan ketikan, akurasi ketikan, jumlah kata per detik, dan lain-lain.

Latihan 0 (Introduction) hanya sebatas pengenalan mengenai cara mengetik yang benar saja, terutama mengenai posisi dasar kesepuluh jari pada huruf-huruf selama proses pengetikan. Pada latihan 1 (Basic Course) kita mulai dilatih agar terbiasa mengetikkan semua huruf dan karakter dalam keyboard secara benar. Latihan dimulai dengan belajar mengetik dua huruf saja, yakni f dan j, hingga pada akhirnya sampai kepada karakter-karakter yang sulit seperti ~, \, |, dan `.

Sementara pada latihan 2 (Adaptability), kita sudah mulai belajar untuk mengetikkan kata-kata. Hanya saja, kata-kata ini masih tersusun dari sembarang huruf dan tidak memiliki makna. Tujuannya untuk semakin memantapkan ingatan tentang cara mengetik huruf dengan benar.

Barulah pada latihan 3 (Speed), kita akan dihadapkan pada kata-kata sebenarnya yang memiliki arti. Tujuannya untuk melatih kecepatan mengetik. Kata-kata yang ditampilkan berasal dari bahasa Inggris. Bila pembaca lebih condong menggunakan bahasa Indonesia, klik tombol “Other texts” yang terletak di pojok kiri atas. Selanjutnya kita bisa mem-pase-kan teks bahasa Indonesia yang kita miliki, atau mengimpor teks tersebut jika memang telah berformat .txt. Teks yang telah dimasukkan akan diacak sendiri oleh program.

Latihan terakhir (Fluidity), bisa diibaratkan sebagai latihan untuk mencapai kesempurnaan. Teks yang disajikan sudah berupa paragraf-paragraf utuh yang kongruen dan logis. Latihan ini akan memakan waktu paling lama dibandingkan latihan-latihan sebelumnya karena tidak membolehkan adanya kesalahan ketik lagi. Sama seperti sebelumnya, kita juga bisa memasukkan teks dalam bahasa Indonesia.

Demikian sekilas tentang program Klavaro. Sekali lagi, memang diperlukan ketekunan dan kesabaran dalam menyelesaikan setiap latihan tersebut. Selamat mencoba dan jangan mudah menyerah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: