Mudah Menulis Daftar Pustaka dengan Zotero (Bagian II)

Bismillahirrahmanirrahim

Pada tulisan sebelumnya, telah dibahas mengenai cara mengunduh dan memasukkan referensi ke dalam Zotero. Pada tulisan ini akan dijelaskan langkah terakhir atau ketiga dalam menggunakan Zotero, yakni memasukkan daftar pustaka ke dalam karya tulis yang kita susun.

Langkah 3: Memasukkan Daftar Pustaka ke dalam Tulisan

Berikut beberapa poin yang perlu dilakukan.

1. Pastikan plugin Zotero untuk program pengolah kata Anda (Microsoft Word atau OpenOffice/LibreOffice) telah terinstal.

Plugin ini berperan sebagi ‘jembatan interaksi’ antara program pengolah kata dengan Zotero. Untuk menginstal plugin, kllik logo gerigi yang terletak pada bagian atas jendela zotero, lalu pilih “Preferences”.

zotero_preferences

Bila jendela telah terbuka, pilihlah tab “Cite”. Pada tab “WordProcessors”, klik “Install Extension”. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

zotero_word_processor_addin

Bila plugin telah terinstal, tombol akan berganti nama menjadi “Reinstall Extension”.

2. Menyiapkan karya tulis

Buka karya tulis Anda dengan program Ms. Word atau OpenOffice/LibreOffice. Gambar di bawah ini menggunakan program LibreOffice. Perhatikan logo plugin Zotero pada program tersebut yang berjumlah tujuh buah. Bagi pengguna Ms. Word, Anda dapat menemukan logo plugin Zotero pada tab “Add Ins”.

zotero_pane_libreoffice

3. Memasukkan kutipan/sitasi (citation)

Misalkan kutipan akan dimasukkan pada akhir kalimat ini.

incert_citation

Pilihlah tombol “Insert Citation” pada plugin Zotero.

zotero_pane_libreoffice2

Akan muncul sebuah jendela baru. Selanjutnya, pilihlah satu gaya sitasi (citation style) yang Anda diperlukan. Gaya sitasi yang diperlukan pada masing-masing karya tulis berbeda-beda, bergantung pada ketentuan institusi, dosen, permintaan penerbit, dan sebagainya. Bila Anda belum mengetahui gaya yang diperlukan, silakan tanyakan terlebih dahulu terhadap pihak yang berwenang. Bila pembaca telah mengetahuinya namun tidak menemukan gaya yang diinginkan, dapat mencari dan mengunduhnya terlebih dahulu di: http://www.zotero.org/styles, atau dapat juga menghubungi penulis.

zotero_select_style

Pada gambar dipilih gaya Vancouver. Opsi lainnya dibiarkan seperti semula. Klik OK.

Akan muncul sebuah jendela baru lagi. Ketikkan referensi yang ingin Anda kutip, berdasarkan kata kunci yang Anda ingat, misalkan Anda ingat bahwa pengarangnya bernama “Fulan”, judulnya adalah “Kedokteran”, dan sebagainya. Referensi yang diketik bisa lebih dari satu. Jika sudah selesai klik Enter.

incert_citation_window

Selesai! Sekarang perhatikan, telah terdapat sitasi di bagian akhir kalimat tadi.

incert_citation

4. Memasukkan Daftar pustaka (Bibliografi)

Poin terakhir adalah memasukkan bibliografi. Disarankan Anda melakukan hal ini ketika telah selesai memasukkan semua sitasi. Untuk prosedurnya, arahkan kursor Anda ke bagian akhir tulisan, lalu klik tombol “Insert Bibliography” pada plugin zotero.

insert_bibliography

Perhatikanlah, sekarang bibliografi telah masuk ke dalam tulisan Anda hanya dengan satu kali klik!

bibliography_ended

Demikian penjelasan mengenai penulisan daftar pustaka dengan Zotero. Penulis telah meringkasnya sedemikian rupa, sehingga terdapat hal-hal detail yang tidak dicantumkan. Jika pembaca membutukan bantuan atau menemui kesulitan, silakan kunjungi langsung www.zotero.org atau dapat menghubungi penulis.

Perhatian: Gambar-gambar di atas hanya sekedar untuk contoh semata. Tidak ada relevansi antara teks tulisan dan sitasi & bibliografi yang dimasukkan.

4 Responses to “Mudah Menulis Daftar Pustaka dengan Zotero (Bagian II)”

  1. dorfleidenschaft Says:

    alhamdulillaah. terimakasih maaas. semoga amal baik anda dihargai dan diridhoi Allah swt. amiin.

  2. priyonisme Says:

    Salam, alhamdulillah dengan software zetero saya dapat mudah belajar menulis dengan pedoman penulisan standar nasional maupun internasional. Dan bodohnya saya baru hari kemarin setelahs aya menulis komentar di blog anda. Juga atas postingan panduan tatacara pengunaan zetero sanga-sangat bermanfaat bagi saya dan mudah-mudahan bagi semuanya… terima kasih atas ilmunya dan juga salam kenal. priyo

    • nur Says:

      Salam kenal kembali Mas. Maafkan saya juga baru membalas comment-nya sekarang.
      Alhamdulillah. Sama-sama Mas. Senang sekali bisa berbagi. Terima kasih untuk sharing pengalamannya menggunakan Zotero….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: