Mudah Menulis Daftar Pustaka dengan Zotero (Bagian I)

Bismillahirrahmanirrahim

Seringkah pembaca mengalami kesulitan ketika menyusun bab daftar pustaka suatu karya tulis? Hal ini mungkin dialami saat pembaca sedang menyusun tugas sekolah, laporan praktikum, skripsi, atau disertasi.Menulis daftar pustaka secara manual dengan segala aturan dan tata caranya memang melelahkan. Namun, tahukah pembaca bahwa ada sebuah aplikasi komputer yang dapat membantu Anda menuliskan daftar pustaka tersebut? Ya, aplikasi yang dimaksud adalah Zotero (dibaca: zoh-TAIR-oh).

antarmuka_zotero Tampilan depan aplikasi Zotero.

Zotero merupakan aplikasi yang diproduksi oleh Roy Rosenzweig Center for History and New Media. Aplikasi ini dirancang dengan tujuan nonkomersial dan berbasis open source. Oleh karena itu, Anda dapat memperolehnya, mendistribusikannya, atau bahkan memodifikasinya secara cuma-cuma alias gratis.

Pada tulisan bagian I ini akan diulas langkah-langkah awal yang perlu dilakukan untuk menuliskan daftar pustaka dengan Zotero. Sebenarnya banyak fitur-fitur lain yang dimiliki oleh Zotero, tetapi dikarenakan keterbatasan tempat tidak akan dibahas di sini.

Langkah 1: Mengunduh (men-download) dan menginstal Zotero

Zotero dapat Anda unduh secara gratis di situs resminya, www.zotero.org. Temukan tombol “Download Now” yang berwarna merah, lalu klik.

download_zotero

Telusurilah sampai pembaca menemukan bagian “Downloads”. Ada dua versi Zotero yang dapat diunduh:

  • Zotero for Firefox: Zotero sebagai pengaya (add-on) browser Firefox. Pada komputer Anda perlu diinstal browser Firefox terlebih dahulu. Jangan lupa untuk turut mengunduh “Word Processor Plugins” (lihat gambar di bawah).

  • Zotero Standalone: Zotero berjalan sebagai aplikasi komputer tersendiri. Anda tidak perlu memiliki browser Firefox. Silakan unduh sesuai dengan sistem operasi yang pembaca gunakan, apakah Windows, Mac, atau Linux.

 download_zotero2

Disarankan agar pembaca mengunduh kedua jenis Zotero tersebut. Ukuran file unduhan tidak terlalu besar, sehingga proses mengunduh diharapkan tidak berjalan terlalu lama.

Untuk Zotero for Firefox, setelah selesai mengunduh, Anda perlu merestart Firefox terlebih dahulu. Setelah dibuka kembali, akan dijumpai tombol aplikasi Zotero pada pojok kanan bawah Firefox. Klik untuk memulai aplikasi Zotero.

zotero_panel_firefox

Untuk Zotero Standalone versi Windows dan Mac, jalankan file unduhan dan tunggu sampai proses instalasi selesai. Untuk versi Linux, cukup ekstrak file unduhan, lalu klik file “run-zotero.sh”.

Anda akan mendapati tampilan jendela Zotero seperti pada gambar di awal tulisan.

Langkah 2: Memasukkan Referensi ke dalam Zotero

Langkah berikutnya adalah memasukkan referensi-referensi tulisan Anda ke dalam Zotero. Berikut akan diuraikan tiga macam cara untuk melakukan hal tersebut.

  • Cara manual: Silakan pembaca klik tanda plus yang terletak pada bagian atas jendela Zotero, lalu pilih jenis referensi yang ingin dimasukkan (buku, bab buku, jurnal, dsb).

zotero_item_type

Akan muncul sebuah referensi baru di kolom tengah. Selanjutnya, lengkapi detail referensi tersebut dengan cara mengisi identitasnya di kolom kanan (judul, penulis, volume, penerbit, dll). Tidak perlu semua diisi. Isi sesuai data yang Anda miliki.

zotero_right_column

  • Cara otomatis. Cara ini merupakan salah satu keunggulan Zotero. Pembaca tidak perlu repot mengetikkan referensi secara manual. Syaratnya, referensi yang ingin pembaca masukkan harus terdapat di internet dan dapat dibaca oleh Zotero. Silakan pembaca cari referensi yang diinginkan melalui internet dengan browser Firefox). Bila address bar alamat internet tersebut mengandung logo Zotero (lihat gambar), berarti referensi tersebut dapat disimpan langsung ke dalam Zotero. Klik logo tersebut. Contoh di bawah ini adalah artikel jurnal dari situr Pubmed.com.

zotero_save_citation

  • Memasukkan identifier (nomor pengenal referensi). Syaratnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu nomor pengenal (ISBN, DOI, atau Pubmed ID) referensi yang ingin dimasukkan. Anda bisa mencarinya melalui mesin pencari Google. Jika sudah didapatkan, klik tombol seperti tongkat yang terletak pada bagian atas jendela Zotero, lalu masukkan nomor pengenal referensi. Tekan Enter. Jika Zotero dapat mendeteksinya, referensi tersebut akan dimasukkan secara otomatis ke dalam Zotero.

 zotero_enter_manual

Setelah Anda selesai memasukkan berbagai referensi, langkah terakhir adalah memasukkan daftar pustaka ke dalam karya tulis yang Anda buat. Langkah ini telah dijelaskan pada postingan bagian berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: